RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SISTEM KOORDINASI
Nama Sekolah : SMA
Negeri
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas /
Semester : XI / Genap
Alokasi Waktu :
3x 45 menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan,dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.1
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.
1.2
Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam
kemampuan mengamati bioproses.
1.3
Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan
hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran
agama yang dianutnya.
2.1
Berperilaku
ilmiah: teliti,
tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan
eksperimen, berani dan santun
dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli
lingkungan, gotong royong, bekerjasama,
cinta damai, berpendapat
secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam
dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2
Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan
menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan
percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
3.10. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem
koordinasi dan mengaitkannya dengan proses koordinasi sehingga dapat
menjelaskan peran saraf dan hormon dalam mekanisme koordinasi dan regulasi
serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem koordinasi manusia
melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
4.10 Menyajikan hasil analisis data dari berbagai sumber (studi literatur,
pengamatan, percobaan, dan simulasi) pengaruh pola hidup dan kelainan pada
struktur dan fungsi organ sistem koordinasi yang menyebabkan gangguan sistem
saraf dan hormon pada manusia melalui berbagai bentuk media informasi.
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
Indikator KD
pada KI 1
·
Menunjukkan sikap positif, beriman, berakhlak mulia (individu dan sosial)
Indikator KD
pada KI 2
·
Menunjukkkan perilaku dan sikap menerima, menghargai dan melaksanakan
kejujuran, ketelitian, disiplin dan tanggung jawab.
Indikator
KD pada
KI 3
3.10.1. Mengidentifikasi stuktur dan fungsi neuron
3.10.2. Menjelaskan macam-macam sel saraf
3.10.3. Menjelaskan penghantaran impuls saraf
Indikator KD pada KI 4
4.10.1
Mendiskusikan sistem saraf dan mekanisme penghantaran
impuls pada kehidupan sehari-hari
4.10.2
Membuat laporan tertulis tentang perbedaan gerak sadar
dan gerak refleks yang didemonstrasikan
D. Tujuan
1.
Setelah
diskusi siswa mampu menjelaskan sistem saraf manusia.
2.
Setelah
presentasi siswa mampu menyebutkan macam – macam sistem saraf.
3. Setelah kajian literatur siswa mampu
mengemukakan struktur dan fungsi dari sistem saraf
E. Materi Pembelajaran
1. Struktur dan Fungsi Sel Saraf
Sel saraf
atau neuron merupakan unit dasar dari sistem saraf. Berdasarkan fungsinya, sel
saraf dibagi menjadi dua macam, yaitu neuron dan neuroglia. Neuron berfungsi
sebagai pembawa impuls dari organ ke saraf pusat atau sebaliknya. Sedangkan,
neuroglia berperan untuk mendukung neuron melaksanakan tugasnya dengan
baik.Neuron terdiri atas tiga
bagian, yaitu:
a.
Badan sel,
Badan sel memiliki sebuah inti dan di dalamsitoplasmanya terdapat
butir-butir Nissl yang mengandung RNA. Butir-butir Nissl ini berfungsi untuk
mensintesis protein.
b. Dendrit
Dendrit berfungsi untuk menyampaikan
impuls (rangsangan) menuju badan sel.
c. Akson / neurit
Neurit berfungsi menyampaikan
informasi dari badan sel ke sel lainnya.
2. Macam-Macam Sel Saraf
Berdasarkan struktur dan fungsinya, terdapat tiga
macam sel saraf, yaitu sel saraf sensorik, motoris, dan konektor (interneuron).
a.
Neuron sensorik,berfungsi untuk menghantarkan
impuls dari reseptor ke pusat susunan saraf (otak dan sumsum tulang belakang)..
b.
Neuron motorik, berfungsi menghantarkan
impuls motorik dari susunan saraf pusat ke efektor. Dendritnya menerima impuls
dari akson neuron lain dan neuritnya berhubungan dengan efektor.
c.
Neuron
Asosiasi (interneuron) : penghubung antara neuron motorik dan sensorik.
-
Neuron konektor, berfungsi menghubungkan neuron satu
dengan neuron yang lain.
-
Neuron adjustor, berfungsi menghubungkan neuron sensorik
dengan neuron motorik pada pusat saraf (otak dan sumsum tulang belakang).
3. Mekanisme Penghantaran Impuls Saraf
Bila tubuh mendapat
rangsangan maka impuls rangsangan tersebut akan diterima reseptor. Selanjutnya
melalui akson akan diteruskan ke dendrit neuron lainnya. Penghantaran impuls
oleh neuron sensorik tersebut melalui dua cara yaitu melalui sinapsis dan
melalui membran sel atau membran plasma.
Rangsangan yang diterima
oleh neuron sensorik akan dihantarkan melalui sel saraf dan sinapsis.
a.
Penghantaran lewat sel saraf
Sel saraf bila dalam
keadaan istirahat, muatan listrik di luar sel saraf positif (+), sedangkan
muatan listrik di dalam membran (-).Keadaan ini disebut polarisasi.
b.
Penghantaran lewat Sinapsis
1)
Bila impuls sampai di tombol sinapsis,
akan mengakibatkan peningkatan
permiabelitas membran prasinapsis terhadap ion Ca2+.
2)
Gelembung sinapsis melebur dengan membran prasinapsis sambil mengeluarkan
neurotransmiter ke celah sinapsis.
3)
Neurotransmiter membawa impuls ke membran postsinapsis. Setelah itu
neurotransmitter dihidrolisis oleh enzim asetil kolinesterase menjadi setil dan
asam stanont. Zat ini disimpan dalam gelembung sinapsis untuk dipergunakan
lagi.
Macam gerak pada
perambatan syaraf, yaitu:
a. Gerak Biasa
Jalannya rangsang : reseptor →
neuron sensorik → otak → neuron motorik → efektor.
b. Gerak Refleks
Jalannya rangsang : reseptor → neuron
sensorik → sumsum tulang belakang → neuron motorik
→ efektor
F.
Strategi Pembelajaran
1.
Pendekatan
umum :Saintifik
2.
Model : Problem Solving
3.
Metode : Diskusi, Demonstrasi,
Eksperimental
G. Media
Pembelajaran dan Sumber Belajar:
1.
Media
dan alat :
Probandus,
palu perkusi, senter, lembar pengamatan.
2.
Sumber
Belajar
LKPD
Sistem Koordinasi
Menjelajah Dunia Biologi untuk SMA Kelas X. Solo: Tiga
Serangkai
H. Kegiatan Pembelajaran:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
o
Orientasi
·
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a
untuk memulai pembelajaran
·
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran
o
Apersepsi
·
Mengaitkan
materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan tema sebelumnya
·
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
o
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan :
·
Pernahkah
Anda ketika berjalan terjatuh karena tersandung batu, atau kaki Anda tertusuk
duri? Bagaimana reaksi Anda ? Ketika kaki Anda terasa sakit, mengapa mulut
berteriak “Aduh” ?
o
Motivasi
·
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila
materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat
menjelaskan tentang sistem saraf pada
manusia dan mekanisme kerja sistem saraf
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan
pertanyaan
o
Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu, yaitu tentang “Sistem
Koordinasi”.
·
Pembagian
kelompok belajar : Guru meminta peserta didik duduk secara berkelompokyang
beranggotakan 2-3 orang peserta didik.
·
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran
|
20 menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Melakukan percobaan/permainan tentang bagaimana kulit dapat
merasakan, pendengaran tidak bisa mendengar suara terlalu rendah, lidah bisa
merasakan, mata bisa melihat objek untuk menunjukkan adanya fungsi syaraf
pada tubuh.
Menanya
·
Mengapa tubuh bisa merasakan fenomena alam dan otak dapat
merasakan sensasinya?
·
Organ apa di tubuh yang berfungsi dan bagaimana
strukturnya?
Mengumpulkan Informasi
(Eksperimen/Demonstrasi)
·
Mendiskusikan
hubungan antara sistem saraf dan Indra bekerja untuk menerima dan menanggapi
rangsang, berbagai jenis neuron berdasarkan struktur atau fungsinya, serta
hubungan antarsel saraf (sinaps) dan impuls saraf
·
Melakukan
demontrasi pemodelan seorang peserta didik dalam kelompok untuk memeragakan gerak reflek lutut dan pupil, serta
mengaitkan proses perambatan impuls pada sistem syaraf (polarisasi, depolarisasi
dan repolarisasi).
·
Merinci langkah-langkah
perambatan impuls pada sistem syaraf
secara fisik, kimia dan biologi dan mengkaitkannya dengan gerak otot
sebagai organ efektor kerja syarat
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengaitkan antara struktur sel syaraf dengan fungsi dan
membedakan dengan sel-sel penyusun tubuh lainnya dalam fungsi bioproses pada
tubuh.
Mengomunikasikan
·
Menjelaskan secara lisan struktur sel syaraf dan cara kerja
sel syaraf dalam menghantarkan impuls.
·
Menjelaskan perbedaan sel syaraf dengan sel-sel lain
penyusun tubuh lainnya dan mengaitkan dengan fungsi koordinasi dalam tubuh.
· Membuat bagan penghantaran impuls
|
100menit
|
Penutup
|
1. Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama 1 hari.
2. Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
3. Melakukan penilaian hasil belajar.
4. Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan
pembelajaran).
|
15 menit
|
I.
Penilaian , Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik
Penilaian:
a. Sikap
-
Penilaian Diri
-
Penilaian Observasi
Kerja ilmiah, sikap ilmiah, dan
keselamatan kerja
-
Penilaian Teman Sebaya
b. Pengetahuan
-
Penugasan
Membuat gambar sel syaraf.
-
Tes Tertulis Uraian
Pemahaman konsep tentang
struktur sel syaraf dan macam-macamnya
2. Instrumen
Penilaian
Jenis/Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
dan Instrumen
|
Pedoman Penskoran
|
|
a.
Sikap
|
Diri
|
terlampir
|
Terlampir
|
|
Observasi
|
terlampir
|
Terlampir
|
|
Teman
Sebaya
|
terlampir
|
Terlampir
|
b.
Pengetahuan
|
Tes
Tertulis Uraian
|
terlampir
|
terlampir
|
c.
Keterampilan
|
-
|
-
|
-
|
Jambi, April 2017
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri Guru Mata
pelajaran
NIP. NIP.
KISI-KISI
SOAL ULANGAN HARIAN
SISTEM
KOORDINASI
Jenis Sekolah : Sekolah Menengah
Atas (SMA) Alokasi Waktu: 90 menit
Mata Pelajaran : Biologi Jumlah
Soal : 13
()
Kelas/Semester: XI / 2 Penulis :
Kurikulum : K-2013
No.
|
KI
|
KD
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Tes
|
TB
|
No. Soal
|
1.
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasar-kan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prose-dural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minat-nya untuk memecahkan masalah.
|
3.10 Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi dan
mengaitkannya dengan proses koordinasi sehingga dapat menjelaskan peran saraf
dan hormon dalam mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang
mungkin terjadi pada sistem koordinasi manusia melalui studi literatur,
pengamatan, percobaan, dan simulasi.
|
· Struktur dan Fungsi Sel Saraf (Neuron)
·
Macam-macam
sel saraf
·
Penghantaran
impuls saraf
|
·
Peserta didik dapat mendeskripsikan struktur dan fungsi sel saraf (neuron)
|
|
|
|
·
Peserta didik dapat
mendeskripsikan macam-macam sel saraf.
|
|
|
|
||||
·
Peserta
didik dapat mendeskripsikan penghantaran impuls saraf.
|
|
|
|
ULANGAN HARIAN
SISTEM
KOORDINASI
Nama :
Kelas :
I.
Pilihlah dengan memberikan tanda silang (X) pada pilihan jawaban yang dianggap
paling benar.
1. Bagian
no 1, 2, dan 3 berturut-turut adalah . . . .
a.
Dendrit, akson, dan badan sel
b.
Akson, badan sel, dan dendrit
c.
Dendrit, cadan sel, dan akson
d.
Akson, dendrit, dan badan sel
2.Hubungan
antara jenis sel saraf dan fungsinya yang benar terdapat pada…
Jenis Sel Saraf
|
Fungsi
|
|
a.
|
Neuron konektor
|
Menghantarkan rangsaang dari reseptor ke pusat saraf
|
b.
|
Neuron sensorik
|
Menghantarkan tanggapan dari pusat saraf ke efektor
|
c.
|
Interneuron
|
Menghubungkan neuron sensorik dengan neuron motorik
|
d.
|
Neuron motorik
|
Menghantarkan rangsangan dari indera ke pusat saraf
|
3. Gambar di bawah ini merupakan penampang melintang sumsum tulang
belakang.
Bagian yang mengandung bahan motorik dan aksonnya menuju otot (efektor)
ditunjukan oleh nomor…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
4. Uji reflex sering dilakukan dengan cara memukulkan benda lunak perlahan
lahan ke bagian bawah tempurung lutut sehingga tidak sadar tungkai bawah
penderita bergerak ke depan.
Lengkung reflex menghasilkan gerakan tersebut memiliki jalur sebagai
berikut:
A. Lutut-motorik-sumsum tulang belakang-sensorik-kaki
B. Lutut-sensorik-sumsum tulang belakang-motorik-kaki
C. Lutut-sensorik-otak-motorik-kaki
D. Lutut-saraf sensorik-saraf konektor-saraf motorik-kaki
E. Lutut-saraf motorik-otak-saraf sensorik-kaki
5. Contoh aktifitas yang termasuk gerak refleks adalah…
a. Menarik kaki saat
terkena duri
b.Petinju yang memukul lawannya
c.Menulis surat balasan untuk sahabat
d.Menendang bola saat mendapat umpan
6. Pernyataan yang benar tentang saraf simpatik dan parasimpatik adalah .
. . .
Jenis Sel Saraf
|
Fungsi
|
|
a.
|
Neuron konektor
|
Menghantarkan rangsaang dari reseptor ke pusat
saraf
|
b.
|
Neuron sensorik
|
Menghantarkan tanggapan dari pusat saraf ke
efektor
|
c.
|
Interneuron
|
Menghubungkan neuron sensorik dengan neuron
motorik
|
d.
|
Neuron motorik
|
Menghantarkan rangsangan dari indera ke pusat
saraf
|
7. Sel saraf sensorik disebut juga sel saraf indera karena .
. . .
a.Menerima dan meneruskan rangsang dari reseptor ke sel saraf
motorik
b.Membawa rangsang dari reseptor ke otak atau sumsum tulang
belakang
d.Menerima dan membawa rangsangan dari otot ke otak atau
sumsum tulang belakang
8. Bagian sel saraf yang membungkus akson dan berfungsi
sebagai isolator yaitu . . . .
a. Sel Schwann
b. Badan Miesel
c. Nodus Ranvier
d.Selubung Mielin
9. Dilihat dari aspek fungsi dendrite berbeda dengan akson
dalam hal
a. Dendrit berupa uluran pendek akson berupa uluran panjang
b. Dendrit bercabang-cabang akson tidak bercabang-cabang
c.Dendrit mengandung
selubung myelin akson tidak mengandung selubung myelin
d. Dendrit menghantar impuls ke badan sel akson menghantar
impuls menjauhi badan sel
e. Dendrit mempunyai nodus Ranvier akson tidak mempunyai
nodus Ranvier
10. Perhatikan gambar lengkung refleks berikut!
Bila terjadi gerak refleks,
No 1 , 2, 6 saraf adalah ….
a. efektor -
sensorik - reseptor
b. efektor - motorik
- reseptor
c. reseptor -
sensorik - effektor
d. reseptor -
motorik - efektor
e. sensorik -
efektor - reseptor
II. Uraikanlah jawaban Anda dengan tepat dan jelas!
Unit dasar
sistem saraf adalah sel saraf.
a.
Gambarkan sebuah sel saraf lengkap dengan bagian-bagiannya ! (skor :10)
b.
Berdasarkan fungsinya sel saraf dibedakan menjadi 3 macam.
Jelaskan ! (skor :6)
c.
Jelaskan cara penghantaran impuls saraf !
(skor :4)
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
PENILAIAN TES TERTULIS
SatuanPendidikan :
SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI/ Genap
Tahun Pelajaran : 2017/2018
A. Kompetensi Dasar :
3.10.
Menganalisis hubungan
antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi dan mengaitkannya
dengan proses koordinasi sehingga dapat menjelaskan peran saraf dan hormone
dalam mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang mungkin
terjadi pada sistem koordinasi manusia melalui studi literatur, pengamatan,
percobaan, dan simulasi.
B. Indikator :
3.10.1. Mengidentifikasi stuktur dan fungsi neuron
3.10.2. Menjelaskan macam-macam sel saraf
3.10.3. Menjelaskan penghantaran impuls saraf
C. Rubrik Penilaian Tes Tertulis
· Pemahaman
konsep tentang struktur sel syaraf dan macam-macam sel saraf serta penghantaran
impuls saraf.
DAFTAR PERTANYAAN :
|
KRITERIA
YANG DINILAI/ ALTERNATIF PERTANYAAN
|
SKOR
MAKSIMAL
|
Siswa
dapat membuat gambar dengan benar
|
5
|
Siswa dapat menuliskan dengan benar semua
bagian pada gambar
|
5
|
Siswa dapat menjelaskan dengan benar macam-macam
sel saraf berdasarkan fungsinya
|
6
|
Siswa dapat menjelaskan dengan benar cara
penghantaran impuls saraf
|
4
|
Total
skor
|
20
|
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN
DIRI
Satuan Pendidikan : SMANegeri
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI MIPA/
Genap
Tahun Pelajaran : 2017/2018
KD : 2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data
dan fakta, disiplin, tanggungjawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen,
berani dan santun dalam mengajukanpertanyaandanberargumentasi,
pedulilingkungan, gotong royong,
bekerjasama, cinta damai, berpendapatsecarailmiahdankritis, responsif dan
proaktifdalamsetiaptindakandandalammelakukanpengamatandanpercobaan di
dalamkelas/laboratoriummaupun di luarkelas/laboratorium.
2.
2 Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan
dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan
dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
Indikator:
1.
Memiliki motivasi internal selama proses pembelajaran
2. Menunjukkan
sikap bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
3. Menunjukkan
sikap konsisten dalam proses pembelajaran
4. Menunjukkan
sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
5. Menunjukkan
rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil
diskusi
6. Menunjukkan
sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah
PENILAIAN DIRI
|
|||||||||||
|
|||||||||||
Untukpertanyaan 1 sampai dengan 6,tulismasing-masinghurufsesuaidenganpendapatmu!
|
|||||||||||
A = Selalu B = SeringC = Jarang D = Tidak pernah
|
|||||||||||
1
|
|
Saya memiliki motivasi dalam diri saya
sendiri selama proses pembelajaran
|
|||||||||
2
|
|
Saya bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
|
|||||||||
3
|
|
Saya menunjukkan sikap konsisten dalam proses
pembelajaran
|
|||||||||
4
|
|
Saya menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan
tugas individu maupun kelompok
|
|||||||||
5
|
|
Saya menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan
gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi
|
|||||||||
6
|
|
Menunjukkan sikap toleransi terhadap perbedaan
pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah
|
|||||||||
7.
|
Selama kegiatan pembelajaran, tugas apa yang kamu lakukan?
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
|
Pedoman Penskoran:
Skor 4, jika A =
Selalu
Skor 2, jika C = Jarang
Skor 3, jika B =
Sering
Skor 1, jika D = Tidak
pernah
Skor
Perolehan =
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
TEMAN SEBAYA
Satuan Pendidikan : SMANegeri
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI MIPA/
Genap
Tahun Pelajaran :
Kompetensi dasar:
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan
pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong
royong, bekerjasama, cinta
damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan
pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar
kelas/laboratorium.
Indikator:
1. Siswa bertanya kepada teman ketika mengerjakan
tugas individu
|
2.
Siswa meniru/menyontek pekerjaan teman pada saat
mengerjakan latihan soal
|
3. Siswa
tidak mengeluh ketika menyelesaikan tugas individu atau kelompok
|
4.
Siswa menuntaskan
tugas yang diberikan guru
|
5.
Siswa bertanya
kepada guru atau teman ketika proses pembelajaran berlangsung
|
6.
Siswa
mengumpulkan tugas tepat waktu
|
Instrumen
Kategori: 86
– 100 : Sangat Baik 71
– 85 : Baik
55 – 70 :
Cukup <
55 : Kurang
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
SIKAP
PENILAIAN OBSERVASI
SatuanPendidikan :
SMA Negeri
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI/ Genap
Tahun Pelajaran :
Waktu Pengamatan : Pada saat Pelaksanaan
pembelajaran Strukturdanfungsiselsyaraf
Kompetensi dasar :2.1. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data danfakta, disiplin, Tanggungjawab,dan peduli dalamobservasidaneksperimen, beranidan
santun dalammengajukanpertanyaandanberargumentasi, pedulilingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapatsecarailmiahdankritis,
responsif dan proaktif dalamsetiaptindakandandalammelakukanpengamatandanpercobaan
di dalamkelas/laboratoriummaupun di luarkelas/laboratorium.
2.2. Peduliterhadapkeselamatandiridanlingkungandenganmenerapkanprinsipkeselamatankerjasamatmelakukankegiatanpengamatandanpercobaan di laboratoriumdan di
lingkungansekitar.
Indikator : 1. Aktif
2. Kerjasama
3. Toleran
Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam
pembelajaran:
1.
Kurang baik jika menunjukkan
sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.
Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha ambil bagian dalam
pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
4.
Sangat baik jika menunjukkan
sudah ambil bagian dalam menyelesaikan
tugas kelompok secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam
kegiatan kelompok.
1.
Kurang baik jika sama
sekali tidak berusaha untuk bekerjasamadalamkegiatankelompok.
2.
Cukupjika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasamadalamkegiatankelompok tetapi
masih belum ajeg/konsisten.
3.
Baik jika menunjukkan
sudah ada usaha untuk
bekerjasamadalamkegiatankelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.
Sangat baik jika menunjukkan
adanya usaha
bekerjasamadalamkegiatankelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikatorsikaptoleran
dalam kegiatan kelompok.
- Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasamadalamkegiatankelompok.
- Cukupjika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasamadalamkegiatankelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
- Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasamadalamkegiatankelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
- Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasamadalamkegiatankelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN
SIKAP
PENILAIAN OBSERVASI
Kelas : XI MIPA 1
Materi : Struktur
dan fungsi sel syaraf penyusun jaringan syaraf pada sistem koordinasi (Bio Riset.1)
· Kerja
ilmiah, sikap ilmiah, dan keselamatan kerja
Bubuhkan tanda( √ ) pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Indikator yang dinilai
|
Total
|
|||||||||||
Aktif
|
Kerjasama
|
Toleran
|
||||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
K : Kurang C: Cukup B: Baik SB : Baik Sekali
Komentar
Posting Komentar