Langsung ke konten utama

RPP sistem koordinasi SMA kelas 11



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SISTEM KOORDINASI


Nama Sekolah             : SMA  Negeri
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas / Semester          : XI / Genap
Alokasi Waktu            :  3x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan,dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.1         Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.
1.2         Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
1.3         Peka dan peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manisfestasi pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1         Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2         Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.
3.10.   Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi dan mengaitkannya dengan proses koordinasi sehingga dapat menjelaskan peran saraf dan hormon dalam mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem koordinasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
4.10     Menyajikan hasil analisis data dari berbagai sumber (studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi) pengaruh pola hidup dan kelainan pada struktur dan fungsi organ sistem koordinasi yang menyebabkan gangguan sistem saraf dan hormon pada manusia melalui berbagai bentuk media informasi.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator  KD  pada KI 1
·         Menunjukkan sikap positif, beriman, berakhlak mulia (individu dan sosial)

Indikator  KD  pada KI 2
·         Menunjukkkan perilaku dan sikap menerima, menghargai dan melaksanakan kejujuran, ketelitian, disiplin dan tanggung jawab.

Indikator KD  pada  KI 3
3.10.1.       Mengidentifikasi stuktur dan fungsi neuron
3.10.2.       Menjelaskan macam-macam sel saraf
3.10.3.       Menjelaskan penghantaran impuls saraf

Indikator  KD pada KI 4
4.10.1         Mendiskusikan sistem saraf dan mekanisme penghantaran impuls pada kehidupan sehari-hari 
4.10.2         Membuat laporan tertulis tentang perbedaan gerak sadar dan gerak refleks yang didemonstrasikan

D.    Tujuan
1.         Setelah diskusi siswa mampu menjelaskan sistem saraf manusia.
2.         Setelah presentasi siswa mampu menyebutkan macam  – macam sistem saraf.
3.    Setelah kajian literatur siswa mampu mengemukakan struktur dan fungsi dari sistem saraf

E.     Materi Pembelajaran
1. Struktur dan Fungsi Sel Saraf
https://bumidawetayuku.files.wordpress.com/2010/05/2-9a-1.jpg?w=640                 Sel saraf atau neuron merupakan unit dasar dari sistem saraf. Berdasarkan fungsinya, sel saraf dibagi menjadi dua macam, yaitu neuron dan neuroglia. Neuron berfungsi sebagai pembawa impuls dari organ ke saraf pusat atau sebaliknya. Sedangkan, neuroglia berperan untuk mendukung neuron melaksanakan tugasnya dengan baik.Neuron terdiri atas tiga bagian, yaitu:
a.      Badan sel,
Badan sel memiliki sebuah inti dan di dalamsitoplasmanya terdapat butir-butir Nissl yang mengandung RNA. Butir-butir Nissl ini berfungsi untuk mensintesis protein.
b.      Dendrit
Dendrit berfungsi untuk menyampaikan impuls (rangsangan) menuju badan sel.
c.       Akson / neurit
Neurit berfungsi menyampaikan informasi dari badan sel ke sel lainnya.

2. Macam-Macam Sel Saraf
                 Berdasarkan struktur dan fungsinya, terdapat tiga macam sel saraf, yaitu sel saraf sensorik, motoris, dan konektor (interneuron).
a.       Neuron sensorik,berfungsi untuk menghantarkan impuls dari reseptor ke pusat susunan saraf (otak dan sumsum tulang belakang)..
b.      Neuron motorik, berfungsi menghantarkan impuls motorik dari susunan saraf pusat ke efektor. Dendritnya menerima impuls dari akson neuron lain dan neuritnya berhubungan dengan efektor.
c.       Neuron Asosiasi (interneuron) : penghubung antara neuron motorik dan sensorik.
-          Neuron konektor, berfungsi menghubungkan neuron satu dengan neuron yang lain.
-          Neuron adjustor, berfungsi menghubungkan neuron sensorik dengan neuron motorik pada pusat saraf (otak dan sumsum tulang belakang).

3. Mekanisme Penghantaran Impuls Saraf
Bila tubuh mendapat rangsangan maka impuls rangsangan tersebut akan diterima reseptor. Selanjutnya melalui akson akan diteruskan ke dendrit neuron lainnya. Penghantaran impuls oleh neuron sensorik tersebut melalui dua cara yaitu melalui sinapsis dan melalui membran sel atau membran plasma.
Rangsangan yang diterima oleh neuron sensorik akan dihantarkan melalui sel saraf dan sinapsis.
a.       Penghantaran lewat sel saraf
Sel saraf bila dalam keadaan istirahat, muatan listrik di luar sel saraf positif (+), sedangkan muatan listrik di dalam membran (-).Keadaan ini disebut polarisasi.


b.      Penghantaran lewat Sinapsis
1)        Bila impuls sampai di tombol sinapsis, akan mengakibatkan peningkatan    permiabelitas membran prasinapsis terhadap ion Ca2+.
2)        Gelembung sinapsis melebur dengan membran prasinapsis sambil mengeluarkan neurotransmiter ke celah sinapsis.
3)        Neurotransmiter membawa impuls ke membran postsinapsis. Setelah itu neurotransmitter dihidrolisis oleh enzim asetil kolinesterase menjadi setil dan asam stanont. Zat ini disimpan dalam gelembung sinapsis untuk dipergunakan lagi.

Macam gerak pada perambatan syaraf, yaitu:
a.      Gerak Biasa
Jalannya rangsang : reseptor → neuron sensorik → otak → neuron motorik → efektor.
b.      Gerak Refleks
Jalannya rangsang : reseptor → neuron sensorik → sumsum tulang belakang → neuron motorik
→ efektor


F.     Strategi Pembelajaran
1.         Pendekatan umum           :Saintifik
2.         Model                               : Problem Solving
3.         Metode                             : Diskusi, Demonstrasi, Eksperimental

G.    Media Pembelajaran dan Sumber Belajar:
1.    Media dan alat :
Probandus, palu perkusi, senter, lembar pengamatan.
2.    Sumber Belajar
LKPD Sistem Koordinasi
Menjelajah Dunia Biologi untuk SMA Kelas X. Solo: Tiga Serangkai

H.    Kegiatan  Pembelajaran:
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
o    Orientasi
·         Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdo’a  untuk  memulai pembelajaran
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran
o   Apersepsi
·         Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan tema sebelumnya
·         Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
o   Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan :
·         Pernahkah Anda ketika berjalan terjatuh karena tersandung batu, atau kaki Anda tertusuk duri? Bagaimana reaksi Anda ? Ketika kaki Anda terasa sakit, mengapa mulut berteriak “Aduh” ?
o   Motivasi
·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang sistem saraf pada manusia dan mekanisme kerja sistem saraf
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
·         Mengajukan pertanyaan
o   Pemberian Acuan;
·         Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu, yaitu tentang “Sistem Koordinasi”.
·         Pembagian kelompok belajar : Guru meminta peserta didik duduk secara berkelompokyang beranggotakan 2-3 orang peserta didik.
·         Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
20 menit
Inti
Mengamati
·        Melakukan percobaan/permainan tentang bagaimana kulit dapat merasakan, pendengaran tidak bisa mendengar suara terlalu rendah, lidah bisa merasakan, mata bisa melihat objek untuk menunjukkan adanya fungsi syaraf pada tubuh.

Menanya
·        Mengapa tubuh bisa merasakan fenomena alam dan otak dapat merasakan sensasinya?
·        Organ apa di tubuh yang berfungsi dan bagaimana strukturnya?

Mengumpulkan Informasi (Eksperimen/Demonstrasi)
·         Mendiskusikan hubungan antara sistem saraf dan Indra bekerja untuk menerima dan menanggapi rangsang, berbagai jenis neuron berdasarkan struktur atau fungsinya, serta hubungan antarsel saraf (sinaps) dan impuls saraf
·         Melakukan demontrasi pemodelan seorang peserta didik dalam kelompok untuk memeragakan  gerak reflek lutut dan pupil, serta mengaitkan proses perambatan impuls pada sistem syaraf (polarisasi, depolarisasi dan repolarisasi).
·         Merinci langkah-langkah perambatan impuls pada sistem syaraf  secara fisik, kimia dan biologi dan mengkaitkannya dengan gerak otot sebagai organ efektor kerja syarat

Menalar/Mengasosiasi
·      Mengaitkan antara struktur sel syaraf dengan fungsi dan membedakan dengan sel-sel penyusun tubuh lainnya dalam fungsi bioproses pada tubuh.

Mengomunikasikan
·      Menjelaskan secara lisan struktur sel syaraf dan cara kerja sel syaraf dalam menghantarkan impuls.
·      Menjelaskan perbedaan sel syaraf dengan sel-sel lain penyusun tubuh lainnya dan mengaitkan dengan fungsi koordinasi dalam tubuh.
·      Membuat bagan penghantaran impuls





100menit
Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama 1 hari.
2.      Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi).
3.      Melakukan penilaian hasil belajar.
4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran).
15 menit

I.       Penilaian , Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.      Teknik Penilaian:
a.       Sikap
-        Penilaian Diri
-        Penilaian Observasi
Kerja ilmiah, sikap ilmiah, dan keselamatan kerja
-        Penilaian Teman Sebaya

b.      Pengetahuan
-        Penugasan
Membuat gambar sel syaraf.
-        Tes Tertulis Uraian
Pemahaman konsep tentang struktur sel syaraf dan macam-macamnya

2.      Instrumen Penilaian 

Jenis/Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
dan Instrumen
Pedoman Penskoran
a.       Sikap
Diri
terlampir
Terlampir

Observasi
terlampir
Terlampir

Teman Sebaya
terlampir
Terlampir
b.      Pengetahuan
Tes Tertulis Uraian
terlampir
terlampir
c.       Keterampilan
-
-
-



Jambi,  April 2017
Mengetahui,                                                                                      
Kepala SMA  Negeri                                                                         Guru Mata pelajaran



NIP.                                                                                                    NIP.


KISI-KISI SOAL ULANGAN HARIAN
SISTEM KOORDINASI

Jenis Sekolah   :           Sekolah Menengah Atas (SMA)         Alokasi Waktu:           90 menit
Mata Pelajaran :          Biologi                                                Jumlah Soal     :           13 ()
Kelas/Semester:           XI / 2                                                   Penulis             :          
Kurikulum       :           K-2013

No.
KI
KD
Materi
Indikator Soal
Bentuk Tes
TB
No. Soal
1.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasar-kan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prose-dural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minat-nya untuk memecahkan masalah.
3.10 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi dan mengaitkannya dengan proses koordinasi sehingga dapat menjelaskan peran saraf dan hormon dalam mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem koordinasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
·    Struktur dan Fungsi Sel Saraf (Neuron)
·     Macam-macam sel saraf
·     Penghantaran impuls saraf

·       Peserta didik dapat mendeskripsikan struktur dan fungsi sel saraf (neuron)



·       Peserta didik dapat mendeskripsikan macam-macam sel saraf.



·       Peserta  didik dapat mendeskripsikan penghantaran impuls saraf.






ULANGAN HARIAN
SISTEM KOORDINASI

Nama                        :
Kelas                         :

I. Pilihlah dengan memberikan tanda silang (X) pada pilihan jawaban yang dianggap paling benar.
1. Bagian no 1, 2, dan 3 berturut-turut adalah . . . .
https://adriautami.files.wordpress.com/2010/05/neuroni.png?w=535

a. Dendrit, akson, dan badan sel
b. Akson, badan sel, dan dendrit
c. Dendrit, cadan sel, dan akson
d. Akson, dendrit, dan badan sel

2.Hubungan antara jenis sel saraf dan fungsinya yang benar terdapat pada…


Jenis Sel Saraf
Fungsi
a.
Neuron konektor
Menghantarkan rangsaang dari reseptor ke pusat saraf
b.
Neuron sensorik
Menghantarkan tanggapan dari pusat saraf ke efektor
c.
Interneuron
Menghubungkan neuron sensorik dengan neuron motorik
d.
Neuron motorik
Menghantarkan rangsangan dari indera ke pusat saraf

3. Gambar di bawah ini merupakan penampang melintang sumsum tulang belakang.
https://adriautami.files.wordpress.com/2010/05/picture5.jpg?w=535
Bagian yang mengandung bahan motorik dan aksonnya menuju otot (efektor) ditunjukan oleh nomor…
a.         1
b.         2
c.         3
d.         4

4. Uji reflex sering dilakukan dengan cara memukulkan benda lunak perlahan lahan ke bagian bawah tempurung lutut sehingga tidak sadar tungkai bawah penderita bergerak ke depan.
https://4.bp.blogspot.com/-uN327Y7RKNA/TvHj27EBtxI/AAAAAAAAMd0/9Q4LWYR6eaw/s400/gerak%2Brefleks.jpg

Lengkung reflex menghasilkan gerakan tersebut memiliki jalur sebagai berikut:
A. Lutut-motorik-sumsum tulang belakang-sensorik-kaki
B. Lutut-sensorik-sumsum tulang belakang-motorik-kaki
C. Lutut-sensorik-otak-motorik-kaki
D. Lutut-saraf sensorik-saraf konektor-saraf motorik-kaki
E. Lutut-saraf motorik-otak-saraf sensorik-kaki

5. Contoh aktifitas yang termasuk gerak refleks adalah…
a. Menarik kaki saat terkena duri
b.Petinju yang memukul lawannya
c.Menulis surat balasan untuk sahabat
d.Menendang bola saat mendapat umpan

6. Pernyataan yang benar tentang saraf simpatik dan parasimpatik adalah . . . .

Jenis Sel Saraf
Fungsi
a.
Neuron konektor
Menghantarkan rangsaang dari reseptor ke pusat saraf
b.
Neuron sensorik
Menghantarkan tanggapan dari pusat saraf ke efektor
c.
Interneuron
Menghubungkan neuron sensorik dengan neuron motorik
d.
Neuron motorik
Menghantarkan rangsangan dari indera ke pusat saraf

7. Sel saraf sensorik disebut juga sel saraf indera karena . . . .
a.Menerima dan meneruskan rangsang dari reseptor ke sel saraf motorik
b.Membawa rangsang dari reseptor ke otak atau sumsum tulang belakang
c.Membawa perintah dari otak atau sumsum tulang belakang
d.Menerima dan membawa rangsangan dari otot ke otak atau sumsum tulang belakang

8. Bagian sel saraf yang membungkus akson dan berfungsi sebagai isolator yaitu . . . .
a. Sel Schwann
b. Badan Miesel
c. Nodus Ranvier
d.Selubung Mielin

9. Dilihat dari aspek fungsi dendrite berbeda dengan akson dalam hal
a. Dendrit berupa uluran pendek akson berupa uluran panjang
b. Dendrit bercabang-cabang akson tidak bercabang-cabang
c.Dendrit  mengandung selubung myelin akson tidak mengandung selubung myelin
d. Dendrit menghantar impuls ke badan sel akson menghantar impuls menjauhi badan sel
e. Dendrit mempunyai nodus Ranvier akson tidak mempunyai nodus Ranvier

10. Perhatikan gambar lengkung refleks berikut!
https://4.bp.blogspot.com/-MrZJNRhRCxs/UyaWdVfJtlI/AAAAAAAAi7c/tneM_mZDoFs/s1600/LENGKUNG+REFLEKS.jpg

Bila terjadi gerak refleks,  No 1 , 2,  6 saraf adalah ….
a.    efektor - sensorik - reseptor
b.    efektor - motorik - reseptor
c.    reseptor - sensorik - effektor
d.    reseptor - motorik - efektor
e.    sensorik - efektor - reseptor

II. Uraikanlah jawaban Anda dengan tepat dan jelas!
Unit dasar sistem saraf adalah sel saraf.
a.       Gambarkan sebuah sel saraf lengkap dengan bagian-bagiannya !            (skor :10)
b.      Berdasarkan fungsinya sel saraf dibedakan menjadi 3 macam. Jelaskan !     (skor :6)
c.       Jelaskan cara penghantaran impuls saraf !                                                      (skor :4)



LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
PENILAIAN TES TERTULIS

SatuanPendidikan       : SMA
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : XI/ Genap
Tahun Pelajaran           : 2017/2018

A. Kompetensi Dasar :
3.10.   Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi dan mengaitkannya dengan proses koordinasi sehingga dapat menjelaskan peran saraf dan hormone dalam mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem koordinasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.

B. Indikator :
3.10.1.       Mengidentifikasi stuktur dan fungsi neuron
3.10.2.       Menjelaskan macam-macam sel saraf
3.10.3.       Menjelaskan penghantaran impuls saraf  

C. Rubrik Penilaian Tes Tertulis
·      Pemahaman konsep tentang struktur sel syaraf dan macam-macam sel saraf serta penghantaran impuls saraf.

DAFTAR  PERTANYAAN :

Tingkat Penguasaan = Jumlah skor yang diperoleh   x 100 %
                     Total skor keseluruhan (20)


Angka tingkat penguasaan :                                                                                                       Baik sekali = 90 – 100 %
 
PEDOMAN PENSKORAN
KRITERIA YANG DINILAI/ ALTERNATIF PERTANYAAN
SKOR MAKSIMAL
Siswa dapat membuat gambar dengan benar
5
Siswa dapat menuliskan dengan benar semua bagian pada gambar
5
Siswa dapat menjelaskan dengan benar macam-macam sel saraf berdasarkan fungsinya
6
Siswa dapat menjelaskan dengan benar cara penghantaran impuls saraf
4
Total skor
20
Text Box: Baik          =  80 – 89 %                                                                                              Cukup       =  70 – 79 %                                                                                                    Kurang      =  < 70


LEMBAR PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN DIRI

Satuan Pendidikan   : SMANegeri
Mata Pelajaran         : Biologi
Kelas/Semester         : XI MIPA/ Genap
Tahun Pelajaran        : 2017/2018

 KD   :    2.1     Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggungjawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukanpertanyaandanberargumentasi, pedulilingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapatsecarailmiahdankritis, responsif dan proaktifdalamsetiaptindakandandalammelakukanpengamatandanpercobaan di dalamkelas/laboratoriummaupun di luarkelas/laboratorium.
              2. 2    Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan di lingkungan sekitar.

Indikator:
1.    Memiliki motivasi internal selama proses pembelajaran
2.    Menunjukkan sikap bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
3.    Menunjukkan sikap konsisten dalam proses pembelajaran
4.    Menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
5.    Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi
6.    Menunjukkan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah

PENILAIAN DIRI
Nama
:

Kelas
:

Kelompok
:
………………………………………
Untukpertanyaan 1 sampai dengan 6,tulismasing-masinghurufsesuaidenganpendapatmu!
A = Selalu                     B = SeringC = Jarang                        D = Tidak pernah

1

Saya memiliki motivasi dalam diri saya sendiri selama proses pembelajaran
2

Saya bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok
3

Saya menunjukkan sikap konsisten dalam proses pembelajaran
4

Saya menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok
5

Saya menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi
6

Menunjukkan sikap toleransi terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah
7.
Selama kegiatan pembelajaran, tugas apa yang kamu lakukan?
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................



Pedoman Penskoran:       
Skor 4, jika A = Selalu           
Skor 2, jika C = Jarang
Skor 3, jika B = Sering           
Skor 1, jika D = Tidak pernah


          Skor Perolehan  =


LEMBAR PENILAIAN SIKAP
TEMAN SEBAYA

Satuan Pendidikan   : SMANegeri
Mata Pelajaran         : Biologi
Kelas/Semester         : XI MIPA/ Genap
Tahun Pelajaran        :

Kompetensi dasar:
2.1  Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.

Indikator:                        
1.    Siswa  bertanya kepada teman ketika mengerjakan tugas individu
2.    Siswa  meniru/menyontek pekerjaan teman pada saat mengerjakan latihan soal
3.    Siswa tidak mengeluh ketika menyelesaikan tugas individu atau kelompok
4.    Siswa menuntaskan tugas yang diberikan guru
5.    Siswa bertanya kepada guru atau teman ketika proses pembelajaran berlangsung
6.    Siswa mengumpulkan tugas tepat waktu

Instrumen


Text Box: Petunjuk:
Berilah tanda (X) pada pilihan yang paling menggambarkan kondisi teman sejawat kamu dalam kurun waktu 1 (satu) minggu terakhir.
Nama Teman yang Dinilai  : 
Kelas : XI 
Tidak Pernah
Jarang 
 Sering  
 Selalu 3  
No. Aspek Penilaian 4  2 1
1. Siswa  bertanya kepada teman ketika mengerjakan tugas individu    
2. Siswa  meniru/menyontek pekerjaan teman pada saat mengerjakanlatihan soal    
3. Siswa tidak mengeluh ketika menyelesaikan tugas individu atau kelompok    
4. Siswa menuntaskan tugas yang diberikan guru    
5. Siswa bertanya kepada guru atau teman ketika proses pembelajaran berlangsung    
6. Siswa mengumpulkan tugas tepat waktu    
Jumlah    
Total Skor 
Keterangan:
Aspek penilaian nomor 1 dan 2
Selalu : 4
Sering : 3
Jarang : 2
Tidak pernah : 1

 Tidak Pernah  (intensitas sikap yang diamati tidak muncul)
 Jarang (intensitasnya sikap yang diamati sebagian kecil muncul) 
 Sering (intensitasnya sikap yang diamati sebagian besar muncul) 
 Selalu (intensitasnya  sikap yang diamati selalu muncul)


Nilai =(Total  SKor Perolehan)/24  x 100
 
































Kategori:           86 – 100     :  Sangat Baik                     71 – 85       : Baik
55 – 70      : Cukup                             < 55            : Kurang




LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN OBSERVASI

SatuanPendidikan       : SMA Negeri
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : XI/ Genap
Tahun Pelajaran           :

Waktu Pengamatan    : Pada saat Pelaksanaan pembelajaran  Strukturdanfungsiselsyaraf

Kompetensi dasar         :2.1.   Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data danfakta, disiplin, Tanggungjawab,dan peduli dalamobservasidaneksperimen, beranidan santun dalammengajukanpertanyaandanberargumentasi, pedulilingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapatsecarailmiahdankritis, responsif dan proaktif dalamsetiaptindakandandalammelakukanpengamatandanpercobaan di dalamkelas/laboratoriummaupun di luarkelas/laboratorium.
2.2. Peduliterhadapkeselamatandiridanlingkungandenganmenerapkanprinsipkeselamatankerjasamatmelakukankegiatanpengamatandanpercobaan di laboratoriumdan di lingkungansekitar.

Indikator                     : 1. Aktif
                                      2. Kerjasama
                                      3. Toleran
Rubrik:

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1.      Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2.      Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam pembelajaran  tetapi belum ajeg/konsisten
4.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/konsisten

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1.      Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasamadalamkegiatankelompok.
2.      Cukupjika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasamadalamkegiatankelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasamadalamkegiatankelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasamadalamkegiatankelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikatorsikaptoleran dalam kegiatan kelompok.
  1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasamadalamkegiatankelompok.
  2. Cukupjika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasamadalamkegiatankelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
  3. Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk bekerjasamadalamkegiatankelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
  4. Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha bekerjasamadalamkegiatankelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten





LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN OBSERVASI
Kelas            :    XI MIPA 1
Materi           :    Struktur dan fungsi sel syaraf penyusun jaringan syaraf pada sistem koordinasi (Bio Riset.1)

·       Kerja ilmiah, sikap ilmiah, dan keselamatan kerja
Bubuhkan tanda( ) pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
Nama Siswa
Indikator yang dinilai
Total
Aktif
Kerjasama
Toleran
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB












































































K  : Kurang          C: Cukup               B:    Baik           SB  : Baik Sekali
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

ekologi sebagai ilmu pengetahuan lingkungan

ILMU PENGETAHUAN LINGKUNGAN Resume di ajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah ilmu pengetahuan lingkungan   Di susun oleh:                                                     Nama: TRI THANTRI JUNITA                                                    Nim: RRA1C415002                            DOSEN PENGAMPU : Drs. Jodion Siburian, Msi FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PENDIDIKAN MATIMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS JAMBI 2016 Pendahuluan A.    Latar belakang Ekologi adalah suatu studi tentang struktur dan fungsi ekosistem atau alam dan manusia sebagai bagiannya. Struktur ekosistem menunjukkan suatu keadaan dari sistem ekologi pada waktu dan tempat tertentu termasuk keadaan densitas organisme, biomassa, penyebaran materi (unsur hara), energi, serta faktor-faktor fisik dan kimia lainnya yang menciptakan keadaan sistem tersebut. Fungsi ekosistem menunjukan hubungan sebab akibat yang terjad

lKPD sistem.koordinasi