Langsung ke konten utama

ekologi sebagai ilmu pengetahuan lingkungan



ILMU PENGETAHUAN LINGKUNGAN
Resume
di ajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah ilmu pengetahuan lingkungan



 
Di susun oleh:
                                                   Nama: TRI THANTRI JUNITA
                                                   Nim: RRA1C415002

                           DOSEN PENGAMPU : Drs. Jodion Siburian, Msi






FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN MATIMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
PENDIDIKAN BIOLOGI
UNIVERSITAS JAMBI
2016


Pendahuluan
A.   Latar belakang
Ekologi adalah suatu studi tentang struktur dan fungsi ekosistem atau alam dan manusia sebagai bagiannya. Struktur ekosistem menunjukkan suatu keadaan dari sistem ekologi pada waktu dan tempat tertentu termasuk keadaan densitas organisme, biomassa, penyebaran materi (unsur hara), energi, serta faktor-faktor fisik dan kimia lainnya yang menciptakan keadaan sistem tersebut.
Fungsi ekosistem menunjukan hubungan sebab akibat yang terjadi secara keseluruhan antar komponen dalam sistem.Ini jelas membuktikan bahwa ekologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari seluruh pola hubungan timbal balik antara makhluk hidup yang satu dengan makhluk hidup lainnya, serta dengan semua komponen yang ada di sekitarnya.Pembahasan ekologi tidak lepas dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunnya, yaitu faktor abiotik dan biotik. Faktor abiotik antara lain suhu, air, kelembaban, cahaya, dan topografi.Sedangkan faktor biotik adalah makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba.Ekologi juga berhubungan erat dengan tingkatan-tingkatan organisasi makhluk hidup, yaitu populasi, komunitas, dan ekosistem yang saling mempengaruhi dan merupakan suatu sistem yang menunjukan kesatuan.
Ekologi mencoba memahami hubungan timbal balik atau interaksi antara tumbuh-tumbuhan, binatang, manusia dengan alam lingkungannya, agar dapat menjawab pertanyaan: Dimana mereka hidup? Bagaimana mereka hidup dan mengapa mereka hidup disana?Hubungan- hubungan tersebut sedemikian kompleks dan erat sehingga Odum (1971) menyatakan bahwa ekologi adalah “Environmental Biology“.
Salah satu hal yang dibahas dalam ekologi adalah ekosfera.Ekosfera merupakan sistem alam yang sangat efektif dan mempunyai daya dukung tinggi untuk memahami sistem kehidupan terselenggara secara langgeng dimana ekosfera adalah lapisan bumi yang didalamnya terdapat interaksi antara komponen biotik dan abiotik.Komponen biotik dan komponen abiotik termasuk spektrum sistem kehidupan yang dikenal sebagai biosistem.
Komponen abiotik yang sangat penting dalam ekosfer adalah matahari.Matahari memiliki banyak manfaat dan peran yang sangat penting bagi kehidupan seperti panas matahari memberikan suhu yang pas untuk keberlangsungan hidup organisme di bumi. Adapun penulisan resume ini untuk: Mengetahui pengertian ekologi, menjelaskan pengertian ekosfera, menjelaskan perananmatahari sebagai sumber energi untuk kehidupan di muka bumi, menjelaskan tentang biosistem.

B.   Pembahasan

Ekologi Sebagai Dasar Ilmu Pengetahuan Lingkungan
·       Ekologi
·       Istilah tersebut dikenalkan oleh ahli Biologi dari Jerman yang bernama Earns Haeckel pada tahun 1866.Ekologi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos (rumah) dan logos (ilmu).Jadi bila diartikan menurut istilah ekologi merupakan kajian organisme hidup dalam rumahnya.Tetapi bila diartikan secara keseluruhan, ekologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan-hubungan total antara organisme dengan lingkungannya yang bersifat organik maupun anorganik.
·       Sekitar tahun 1900, ekologi diakui sebagai ilmu dan berkembang terus dengan cepat, apalagi saat dunia sangat peka dengan masalah lingkungan dalam mengadakan dan memelihara mutu peradaban dunia.Ekologi merupakan cabang ilmu yang mendasari dan selalu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.Hal tersebut dikarenakan prinsip-prinsip ekologi dapat menerangkan dan memberikan ilham dalam mencari jalan untuk mencapai kehidupan yang lebih layak.
·        Macam – macam Ekologi
a.     Ekologi Hutan
Ø  Ekologi Hutan adalah Ilmu yang mempelajari hubungan antara mahluk hidup dengan lingkungan.Hubungan ini sangat erat dan komplek sehingga menyatakan bahwa ekologi adalah biologi lingkungan (Eviromental biology).
Ø  Hutan adalah tumbuh-tumbuhan yang dikuasai pohon-pohon dan mempunyai keadaan lingkungan yang berbeda dengan keadaan diluar hutan.Hubungan antara masyarakat, tumbuh-tumbuhan hutan, margasatwa dan alam lingkungannya begitu erat sehingga hutan dapat dipandang sebagai suatu sistem ekologi atau ekosistem.
Ø  Ekologi hutan adalah cabang ekologi yang khusus mempelajari masyarakat atau ekosistem hutan.Hutan dapat dipelajari dari segi autekologi dan sinekologi.Autekologi mempelajari ekologi suatu jenis pohon atau pengaruh sesuatu faktor lingkungan terhadap hidup atau tumbuhnya satu atau lebih jenis-jenis pohon.Sifat penyelidikanya mendekati fisiologi tumbuh-tumbuhan.Sinekologi mempelajari hutan sebagai masyarakat atau ekositem misalnya penelitian tentang pengaruh keadaan tempat tumbuh terhadap komposisi dan produksi hutan.
b.     Ekologi Laut
Ø  Ekologi laut merupakan ilmu yang mempelajari tentang Ekosistem air laut. Ekosistem air laut dibedakan atas lautan, pantai, estuari, dan terumbu karang, dan padang lamun.
Ø  Habitat air laut (oceanic) ditandai oleh salinitas tinggi dengan ion Cl- mencapai 55% terutama di daerah laut tropik, karena suhunya tinggi dan penguapan besar.Pada daerah tropik, suhu laut sekitar 25oC.Perbedaan suhu bagian atas dan bawah tinggi.Batas antara lapisan air yang panas di bagian atas dengan bagian air yang dingin di bagian bawah disebut daerah thermocline.
Ø  Pada daerah dingin, suhu air laut merata sehingga air dapat bercampur, maka daerah permukaan laut tetap subur dan banyak plankton serta ikan.Gerakan air dari pantai ke tengah menyebabkan air bagian atas turun ke bawah dan sebaliknya, sehingga memungkinkan terbentuknya rantai makanan yang berlangsung baik.Habitat laut dapat dibedakan berdasarkan kedalamannya dan wilayah permukaan secara horizontal.
c.      Ekologi Tanaman
Ø  Ekologi tanaman adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara tanaman dengan lingkungannya.Tanaman membutuhkan sumberdaya kehidupan dari lingkungannya, danmempengaruhi lingkungan.Begitu juga sebaliknya, lingkungan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
Ø  Lingkungan hidup tanaman dibagi atas dua kelompok yaitu lingkungan biotik dan abiotik.Dari lingkungan inilah tanaman memperoleh sumberdaya cahaya, hara mineral, dan sebagainya. Kekurangan, kelebihan atau ketidakcocokkan akan menyebabkan terjadinya cekaman (stress) pada tanaman.
d.     Ekologi Serangga
Ø  Ekologi serangga mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi distribusi dan kelimpahan serangga. Pengetahuan tentang ekologi serangga hama pascapanen merupakan dasar penerapan pengendalian hama terpadu (PHT).  Saat ini, pemodelan dengan komputer untuk pengendalian hama pascapanen telah banyak dikembangkan. Kesemuanya berbasis pada pengetahuan ekologi serangga.
Ø  Sifat struktur penyimpanan secara umum adalah kondisinya yang stabil dibandingkan lingkungan alami dan ketersediaan pangan yang melimpah.  Karakter penyimpanan ini menguntungkan hama gudang, walaupun adakalanya terjadi kelangkaan sumber makanan. Serangga hama di penyimpanan, terutama hama-hama penting adalah serangga yang telah teradaptasi pada lingkungan penyimpanan dengan baik.
2       EKOSFERA
·       Ekosfera merupakan sistem alam yang sangat efektif dan mempunyai daya dukung tinggi untuk memahami sistem kehidupan terselenggara secara langgeng dimana ekosfera adalah lapisan bumi yang didalamnya terdapat interaksi antara komponen biotik dan abiotik.
1.     Ekosfera Sebagai Sistem Penunjang Kehidupan
Bumi dimana kita berada dapat dibedakan dalam tiga bagian lapisan, yaitu:
a.      Atmosfera (Udara)
Ø  Lapisan udara yang terdiri dari campuran berbagai gas yang menyelimuti suatu planet baik planet bumi, merkurius, mars, jupiter, uranus, saturnus, venus, neptunus dan lain-lain. Atmosfera ada di sekeliling kita mulai dari permukaan tanah hingga jauh di angkasa sana.
Ø  Manfaat/Fungsi Lapisan Atmosfera (Atmosfir) Bumi, antara lain:
a.      Melindungi bumi dari benda-benda angkasa yang jatuh ke bumi karena terkena gaya gravitasi bumi.
b.     Melindungi bumi dari radiasi ultraviolet yang berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup dengan lapisan ozon.
c.      Mengandung gas-gas yang dibutuhkan manusia, hewan dan tumbuhan untuk bernafas dan untuk keperluan lainnya seperti oksigen, nitrogen, karbon dioksida, dan lain sebagainya.
d.     Media cuaca yang mempengaruhi awan, angin, salju, hujan, badai, topan, dan lain-lain.
a.      Hidrosfera (Air)
Ø  Pelapisan yang terbentuk air di muka bumi, lautan, air tanah, salju, dan es yang menutupi kulit bumi.Wilayah perairan yang mengelilingi bumi.Hidrosfera meliputi samudra, laut, sungai, danau, air tanah, mata air, hujan, dan air yang berada di atmosfera.Sekitar tiga perempat dari permukaan bumi ditutupi oleh air.
b.     Litosfera (Tanah)
Ø  Lapisan tanah dan batuan dari kerak bumi yang membentuk lapisan-lapisan pembentuk mantel di bawah kerak bumi dan magma.
·       Fungsi – fungsi Ekosfera
Ekosfera mempunyai fungsi, sebagai berikut:
1.     Memperlunak iklim.
2.      Meresiklus bahan kimia yang diperlukan makhluk hidup.
3.      Menimbun bahan buangan/ limbah.
4.     Mengontrol lebih dari 95% dari semua hama tumbuhan, penyakit padahewan dan manusia.
5.     Mengelola plasma nutfah yang luar biasa jumlahnya.
3       MATAHARI SEBAGAI SUMBER ENERGI UNTUK KEHIDUPAN DI MUKA BUMI
·       Matahari merupakan sumber panas bumi dan menyediakan energi untuk fotosintesis tumbuhan hijau.
·       Energi matahari juga merupakan tenaga penggerak dalam siklus air, pemurnian air dan penggerak garam-garam di air laut untuk menghasilkan air tawar yang sangat dibutuhkan oleh kehidupan.
·       Energi matahari yang sampai ke bumi berupa energi radiasi yang memiliki kecepatan 30.000 km/detik.
·       Energi matahari yang terpancar dalam berbagai panjang gelombang elektromagnetik, dari yang berenergi tinggi (sinar kosmis) sampai yang berenergi rendah (gelombang radio).Diantara gelombang-gelombang yang terpancar tersebut banyak yang berbahaya bagi kehidupan, tetapi karena adanya lapisan ozon dan uap air maka gelombang tersebut dapat tersaring sehingga sistem kehidupan dapat terbentuk sampai sekarang.
a.     Manfaat Matahari bagi Kehidupan
·       Matahari memiliki banyak manfaat dan peran yang sangat penting bagi kehidupan seperti:
1       Panas matahari memberikan suhu yang pas untuk keberlangsungan hidup organisme di bumi. Bumi juga menerima energi matahari dalam jumlah yang pas untuk membuat air tetap berbentuk cair yang mana merupakan salah satu siklus hujan, cuaca, dan iklim.
2       Cahaya matahari dimanfaatkan secara langsung oleh tumbuhan berklorofiluntuk berlangsungnya proses fotosintesis.
3       Makhluk hidup yang sudah mati akan menjadi fosil yang menghasilkan minyak bumi dan batu bara sebagai sumber energi.
4       Panel surya dipasang di atap rumah untuk menangkap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.
5       Sel surya sudah banyak digunakan untuk kalkurator tenaga surya.
6       Pergerakan rotasi bumi menyebabkan adanya siang dan malam.
7       Karena gravitasi matahari sangat besar, matahari menjadi penyatu planet – planet dan benda  angkasa lain yang mengelilingin
C.    Kesimpulan
kologi merupakan kajian organisme hidup dalam rumahnya.Tetapi bila diartikan secara keseluruhan, ekologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan-hubungan total antara organisme dengan lingkungannya yang bersifat organik maupun anorganik sedangkan ekosfera merupakan sistem alam yang sangat efektif dan mempunyai daya dukung tinggi untuk memahami sistem kehidupan terselenggara secara langgeng.
Dalam ekosfera segala sesuatu yang ada selalu saling terkait, misalnya udara berperan dalam menawarkan air dan menjaga tumbuhan dan hewan untuk hidup, air menjaga kehidupan tumbuhan dan hewan, tumbuhan menjaga kehadiran hewan serta mensiklus air dan tanah, tanah menjaga tumbuhan dan hewan hidup serta mentawarkan air. Semua hal itu tidak terlepas dari peran matahari sebagai sumber energi untuk kehidupan di muka bumi.Sedangkan biosistem merupakan keseluruhan dari suatu sistem kehidupan yang terdiri dari komponen biotik (tumbuhan, hewan, mikroba, manusia) dan komponen abiotik.

Daftar pustaka


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP sistem koordinasi SMA kelas 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SISTEM KOORDINASI Nama Sekolah              : SMA   N egeri Mata Pelajaran             : Biologi Kelas / Semester           : X I / Genap Alokasi Waktu             :   3x 45 menit A.     Kompetensi Inti 1.     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 2.     Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 3.     Memahami , menerapkan ,dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural , dan metakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terka

lKPD sistem.koordinasi